Selasa, 20 November 2012

Extreme



Extreme adalah band rock Amerika, yang dipimpin oleh pendirinya Gary Cherone dan Nuno Bettencourt, dan mencapai puncak popularitas mereka di akhir 1980-an dan awal 1990-an. Beberapa artis yang mempengaruhi musik Extreme adalah Queen dan Van Halen. Band ini menyebut aliran musik mereka dengan sebutan Funky Metal.

Extreme dibentuk di Malden, Massachusetts, pada tahun 1985. Gary Cherone vokalis dan drummer Paul Geary yang keduanya masih tergabung dalam The Dream. Gitaris Nuno Bettencourt berasal dari band bernama Sinful, dan bassist Pat Badger sedang bermain dengan In The Pink. Band-band tersebut mengalami perpecahan, sehingga para personilnya akhirnya memutuskan untuk membentuk sebuah band baru bersama-sama. Cherone dan Bettencourt mulai menulis lagu bersama-sama dan memainkan banyak pertunjukan di wilayah Boston. Akhirnya mereka meraih penghargaan Boston Music Awards tahun 1986 dan 1987. Band ini kemudian mulai berkreasi dan memulai debut album yang dikeluarkan tahun 1989. Single pertama berjudul Kid Ego.

Penjualan album pertama Extreme ternyata cukup untuk mendukung rilis kedua. Michael Wagener, yang sebelumnya bekerja dengan Dokken dan White Lion, dipekerjakan untuk membuat album EXTREME II: PORNOGRAFFITTI pada tahun 1990.

Balada akustik More Than Words memasuki peringkat Hot 100 pada tanggal 23 Maret 1991, di Nomor 81. Namun lagu ini kemudian membuat perubahan besar, melesat hingga Nomor 1 di Billboard's Hot 100 Amerika Serikat. Berikutnya adalah Hole Hearted, lagu akustik lain yang juga sukses menaiki pringkat nomor 4 di chart musik yang sama populer. Band ini mulai merekam album ketiga mereka pada tahun 1992. Album ini umumnya disukai oleh para kritikus musik dan beberapa fans, tetapi gagal untuk menjual album sebanyak album kedua.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar